Publikasi-7

PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF  PADA PEMBELAJARAN MEDAN MAGNET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS MAHASISWA

 M. Sutarno

Program Studi Pendidikan Fisika JPMIPA FKIP UNIB, Email : msutarno_unib@yahoo.com, HP: 085267897088

 ABSTRAK. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design ini bertujuan mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan generik sains mahasiswa calon guru fisika. Indikator keterampilan generik sains yang digunakan adalah: (1) pemodelan matematika, (2) berpikir dalam kerangka taat azas, dan (3) hukum sebab akibat.  Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Bengkulu yang mengambil matakuliah Fisika Dasar 2 TA 2010/2011.  Pemilihan sampel didasarkan pada pertimbangan kemudahan saja (convenient sampling). Instrumen utama yang digunakan adalah lembar tes keterampilan generik sains yang telah  memenuhi syarat valid dan reliabel . Hasil analisis data menunjukkan rerata N-gain peningkatan keterampilan generik sains kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol  0,53.  Uji hipotesis menggunakan uji beda rerata dua sampel independen  menunjukkan bahwa keterampilan generik sains mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia interaktif secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

 Kata Kunci: multimedia interaktif, keterampilan generik sains

[DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP.pdf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s