Publikasi-6

PEMBELAJARAN MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN ONLINE INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

M. Sutarno

Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Email: msutarno_unib@yahoo.com

ABSTRAK. Penelitian eksperimen kuasi  ini bertujuan mengkonstruksi pembelajaran medan magnet berbantuan online interactive multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.  Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design.  Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Bengkulu yang mengambil matakuliah fisika dasar 2 TA 2010/2011 yang dipilih mengunakan teknik convenient sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah lembar tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis materi medan magnet.  Hasil analisis data menunjukkan rerata N-gain peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol  0,51, keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen 0,53 dan kelas kontrol 0,46.  Uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran medan magnet menggunakan online interactive multimedia secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional

 Keywords: online interactive multimedia, berpikir kritis

[DOWNLOAD PROSIDING LENGKAP.pdf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s