Publikasi-5

PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN  PENGUASAAN KONSEP  SISWA SMP PADA MATERI PENGUKURAN FISIKA

Marlina 1) dan  M. Sutarno 2)

1) SMP Negeri 04 Mukomuko, email: nelan_indah@yahoo.com

2) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah mengkonstruksi pembelajaran berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada materi pengukuran fisika.  Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design.  Subyek penelitian adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di wilayah Kabupaten Mukomuko.  Data tes awal dan tes akhir dianalisis untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa.  Berdasakan analisis data diperoleh rerata Ngain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0,55 dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar  0,27 dalam kategori rendah. Analisis hipotesis menggunakan software SPSS 16 menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran materi pengukuran fisika secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Keywords: multimedia interaktif, penguasaan konsep, pengukuran fisika

[DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP.pdf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s