Publikasi-4

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (Children’s Learning In Science) BERBANTU   E-MEDIA PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

 Sutarno

Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Bengkulu, Email: msutarno_unib@yahoo.com

ABSTRAK. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap mahasiswa semester tiga pada Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di Kota Bengkulu Tahun Akademik 2008/2009 dengan tujuan untuk meningkatkan  aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar melalui model pembelajaran CLIS  berbantu E-media. Pengumpulan data dilakukan menggunakaan tes dan lembar observasi. Hasil observasi memperlihatkan skor aktifitas mahasiswa pada siklus I sebesar 28 (kategori cukup), siklus II sebesar 32 (kategori baik) dan siklus III sebesar  42 (kategori baik). Hasil belajar mahasiswa pada siklus I memperlihatkan nilai rata-rata kelas 67,3, daya serap 67,3% dan ketuntasan belajar 62,2%, pada siklus II nilai rata-rata kelas 71,9, daya serap 71,9% dan ketuntasan belajar 86,5%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas 74,1, daya serap 74,1%, dan ketuntasan belajar 94,6%. Berdasarkan data penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS berbantu E-Media dapat  meningkatkan aktifitas  dan  hasil  belajar   mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar.

Kata Kunci : CLIS, e-media, hasil belajar

[DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP.pdf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s