Publikasi-13

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Tomi Hidayat

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstrak. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat belajar IPA Terpadu bagi siswa adalah pemilihan dan penerapan metode yang kurang baik. Berdasarkan judul diatas maka rumusan masalahnya adalah :1. Bagaimana penggunaan Metode Pembelajaran Cooperatif Script dalam proses belajar mengajar IPA Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu? 2. Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Cooperatif Script dalam proses belajar mengajar IPA Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu? 3. Apakah penggunaan Metode Pembelajaran Cooperatif Script ini dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk Mengetahui penggunaan Metode Pembelajaran Cooperatif Script dalam proses belajar mengajar IPA Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Cooperatif Script dalam proses belajar mengajar IPA Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. 3. Untuk mengetahui penggunaan Metode Pembelajaran Cooperatif Script ini dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 45 orang. Hasil dari penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatknya data dari siklus I nilai rata-rata kelas 8a yaitu 66 dengan persentase ketuntasan 54%, untuk kelas 8b nilai rata-ratanya yaitu 65,7 dan persentase ketuntasan hanya 45% . Dan siklus II nilai rata-rata kelas 8a yaitu 71,8 dengan persentase ketuntasan 86%, untuk kelas 8b nilai rata-ratanya yaitu 72,8 dan persentase ketuntasan hanya 91%. Untuk keseluruhan siklus 2 ini sebanyak 89% yang tuntas.

Kata Kunci : Metode Cooperative scipt dan meningkatkan Hasil Belajar

[Download Artikel Lengkap.pdf]

Komentar ditutup.