Publikasi-11

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATAKULIAH     FISIKA DASAR II

Desy Hanisa Putri,S.Pd.,M.Si*

Dosen JPMIPA Prodi P. Fisika FKIP UNIB

* Email:desyhanisaputri@gmail.com

Abstrak.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar dan Hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar II konsep listrik dinamis. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa P.Fisika FKIP UNIB semester 2 TA Genap 2010/2011 yang berjumlah 31 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kriteria aktif, siklus II memperoleh skor 29 dengan kriteria aktif, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kriteria aktif. Hasil belajar pemahaman konsep pada siklus I diperoleh  ketuntasan belajar sebesar 74,19% (Belum Tuntas); siklus II diperoleh ketuntasan belajar 77,42% (Belum tuntas); siklus III diperoleh ketuntasan belajar 100% (Tuntas). Jadi, Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Simulasi PhET dapat Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar mahasiswa pada matakuliah fisika dasar II konsep listrik dinamis.

Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD, Simulasi PhET, Hasil Belajar , Aktivitas Belajar.

[Downlad Artikel Prosiding Lengkap.pdf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: