Arti Fase Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi pada RPP

 

A. Definisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:

  1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
  2. Elaborasi adalah pengerjaan/penggarapan secara tekun dan cermat.
  3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan

 

B. Aplikasi dalam Rancangan dan Proses Pembelajaran

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.

Kegiatan guru dan peserta didik pada fase eksplorasi adalah :

Peserta didik : menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan, mengumpulkan dan mengolah data. Guru : menggunakan berbagai pendekatan dan media,  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar, melibatkan peserta didik secara aktif.

Elaborasi

Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan  menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.

Kegiatan guru dan peserta didik pada fase elaborasi:

Peserta didik : melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok; menanggapi laporan atau pendapat teman; mengajukan argumentasi dengan santun.  Guru : memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah, bertindak tanpa rasa takut, memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan
peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual. Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan guru dan peserta didik pada fase konfirmasi:

Peserta didik: melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya.  Guru : memberi umpan balik positif kepada peserta didik, memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi, berperan sebagai narasumber dan fasilitator, memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi, dan memberi motivasi kepada peserta didik.

 

3 Balasan ke Arti Fase Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi pada RPP

  1. balas mengatakan:

    apa tujuan eksplorasi,elobarasi dan konfirmasi

    • Anonim mengatakan:

      Fase-fase tersebut merupakan tuntutan pada RPP berbasis karakter. Tentunya tujuannya selain untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik juga lebih penting untuk mengembangkan karakter2 positif sesuai dengan amanat UU Sisdiknas. Tq

  2. Anonim mengatakan:

    Pak arikelnya ,cukup menarik unuk dicoba dan di kebangkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: