MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Problem posing merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa menyusun pertanyaan sendiri atau memecah suatu soal menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana yang mengacu pada penyelesaian soal tersebut.  Dalam pembelajaran, problem posing (pengajuan soal) menempati posisi yang strategis. Siswa harus menguasai materi dan urutan penyelesaian soal secara mendetil. Hal tersebut akan dicapai jika siswa memperkaya ranah pengetahuannya tak hanya dari guru melainkan perlu belajar secara mandiri. Problem posing juga dapat dikatakan sebagai perumusan soal agar lebih sederhana atau perumusan ulang soal yang ada dengan beberapa perubahan agar lebih sederhana dan dapat dikuasai.  Hal ini terutama terjadi pada soal-soal yang rumit.

Model pembelajaran problem posing ini mulai dikembangkan di tahun 1997 oleh Lyn D. English, dan awal mulanya diterapkan dalam mata pelajaran matematika.  Selanjutnya, model ini dikembangkan pula pada mata pelajaran yang lain.  Pada prinsipnya, model pembelajaran problem posing adalah suatu model pembelajaran yang mewajibkan para siswa untuk mengajukan soal sendiri melalui belajar soal (berlatih soal) secara mandiri. Penerapan model pembelajaran problem posing di kelas dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Guru menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa. Penggunaan alat peraga untuk memperjelas konsep sangat disarankan.
  2. Guru memberikan latihan soal secukupnya.
  3. Siswa diminta mengajukan 1 atau 2 buah soal yang menantang, dan siswa yang bersangkutan harus mampu menyelesaikannya. Tugas ini dapat pula dilakukan secara kelompok.Pada pertemuan berikutnya, secara acak, guru menyuruh siswa untuk menyajikan soal temuannya di depan kelas. Dalam hal ini, guru dapat menentukan siswa secara selektif berdasarkan bobot soal yang diajukan oleh siswa.
  4. Guru memberikan tugas rumah secara individual.

Silver dan Cai mnjelaskan bahwa pengajuan soal mandiri dapat diaplikasikan dalam 3 bentuk aktivitas kognitif matematika yakni :

a. Pre solution posing

Pre solution posing yaitu jika seorang siswa membuat soal dari situasi yang diadakan. Jadi guru diharapkan mampu membuat pertanyaan yang berkaitan dengan pernyataan yang dibuat sebelumnya.

b. Within solution posing

Within solution posing yaitu jika seorang siswa mampu merumuskan ulang pertanyaan soal tersebut menjadi sub-sub pertanyaan baru yang urutan penyelesaiannya seperti yang telah diselesaikan sebelumnya.jadi, diharapkan siswa mampu membuat sub-sub pertanyaaan baru dari sebuah pertanyaan yang ada pada soal yang bersangkutan.

c. Post solution posing

Post solution posing yaitu jika seorang siswa memodifikasi tujuan atau kondisi soal yang sudah diselesaikan untuk membuat soal yang baru yang sejenis.  Dalam model pembelajaran pengajuan soal (problem posing) siswa dilatih untuk memperkuat dan memperkaya konsep-konsep dasar matematika.

Dengan demikian, kekuatan-kekuatan model pembelajaran problem posing adalah sebagai berikut :

  • Memberi penguatan terhadap konsep yang diterima atau memperkaya konsep-konsep dasar.
  • Diharapkan mampu melatih siswa meningkatkan kemampuan dalam belajar.
  • Orientasi pembelajaran adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
  • Bagi siswa, pembelajaran problem posing merupakan keterampilan mental, siswa menghadapi suatu kondisi dimana diberikan suatu permasalahan dan siswa memecahkan masalah tersebut.

Model pembelajaran problem posing (pengajuan soal) dapat dikembangkan dengan memberikan suatu masalah yang belum terpecahkan dan meminta siswa untuk menyelesaikannya.  Guru dalam rangka mengembangkan model pembelajaran problem posing (pengajuan soal) yang berkualitas dan terstruktur dalam pembelajaran  dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar berikut :

  • Pengajuan soal harus berhubungan dengan apa yang dimunculkan dari aktivitas siswa di dalam kelas.
  • Pengajuan soal harus berhubungan dengan proses pemecahan masalah siswa
  • Pengajuan soal dapat dihasilkan dari permasalahan yang ada dalam buku teks, dengan memodifikasikan dan membentuk ulang karakteristik bahasa dan tugas.

Menggunakan model pembelajaran problem posing dalam pembelajaran dibutuhkan keterampilan sebagai berikut :

  1. Menggunakan strategi pengajuan soal untuk menginvestigasi dan memecahkan masalah yang diajukan.
  2. Memecahkan masalah dari situasi pelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  3. Menggunakan sebuah pendekatan yang tepat untuk mengemukakan masalah.
  4. mengenali hubungan antara materi-materi yang berbeda.
  5. Mempersiapkan solusi dan strategi terhadap situasi masalah baru.
  6. Mengajukan masalah yang kompleks sebaik mungkin, begitu juga masalah yang sederhana.
  7. Menggunakan penerapan subjek yang berbeda dalam mengajukan masalah.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan untuk mengembangkan strategi mengajukan masalah :

a. Bagaimana saya bisa menyelesaikan masalah ini?

b. Dapatkah saya mengajukan pertanyaan yang lain?

c. Seberapa banyak solusi yang dapat saya temukan?

Memunculkan pertanyaan baru dari masalah  yang diberikan dianggap menjadi aktivitas utama dalam mengajukan masalah, pertanyaannya misalkan :

1. Apakah gagasan penting dalam masalah ini?

2. Dimana lagi kita dapat menemukan gagasan yang sama dengan hal ini?

3. Dapatkah kita menggunakan informasi ini dalam satu cara yang berbeda untuk memecahkan suatu masalah?

4. Apakah kita cukup memiliki informasi penting untuk memecahkan masalah?

5. Bagaimana jika kita tidak memberikan semua informasi ini untuk membuat sebuah masalah yang berbeda?

6. Bagaimana mungkin kita dapat merubah beberapa informasi ini?

7. Akan menjadi apakah masalah tersebut kemudian?

Strategi dalam pengajuan masalah dapat dilihat dari beberapa tinjauan literatur. Strategi ini dapat diterapkan dalam mengajukan masalah tertentu. Strategi dalam mengajukan sebuah pertanyaan juga dapat dilakukan dengan melihat hubungan antara informasi yang diberikan, kemudian mengajukan sebuah pertanyaan yang mengikuti hubungan tersebut.  Strategi lain adalah  memanipulasi kondisi tertentu dan tujuan dari masalah yang diajukan sebelumnya. Ini serupa dengan penggunaan analogi dalam menghasilkan masalah baru yang terkait. Dalam hal ini, terdapat dua strategi berbeda yang dikembangkan, sebagai berikut :

1. Mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang ada dalam buku pelajaran. Kilpatrick menjelaskan bahwa ada dua tahap dalam proses penyelesaian masalah selama masalah baru diciptakan. Penyelesaian masalah bisa dengan mengubah beberapa atau semua kondisi masalah untuk melihat masalah baru, apa yang mungkin dihasilkan dan setelah masalah diselesaikan. Penyelesaian masalah bisa dengan meninjau ulang bagaimana solusi dipengaruhi oleh berbagai macam permasalahan.

Strategi ini dapat dikembangkan oleh siswa sebagai berikut :

a. Memilih satu masalah dari buku pelajaran atau buku LKS .

b. Menentuan kondisi dari permasalahan yang diberikan dan hal yang tidak diketahui.

c. Mengubah kondisi masalah dalam dua cara yang berbeda. Pertama, tambahkan lagi beberapa kondisi atau kondisi baru pada masalah asli kemudian rumuskan satu pertanyaan baru. Kedua, pindahkan kondisi dari masalah asli kemudian rumuskan pertanyaan baru.

2. Mengajukan masalah  dari situasi yang belum terstruktur. Stoyanove menjelaskan situasi masalah yang belum terstrukstur sebagai situasi terbuka yang diberikan dan menggunakan format berikut :

a. Masalah open-ended (penyelidikan matematis).

b. Masalah yang sejenis dengan masalah yang diberikan.

c. Masalah dengan solusi serupa.

d. Masalah berkaitan dengan dalil khusus.

e. Masalah yang berasal dari gambaran yang diberikan

f. Masalah kata-kata.

Strategi ini dapat dikembangkan oleh siswa sebagai berikut :

  • Situasi kehidupan sehari-hari yang ditampilkan pada semua siswa.
  • Siswa diminta melengkapi situasi dari pandangan mereka untuk menyatakan masalahyang berasal dari situasi yang dibentuk.
  • Masing-masing siswa telah melengkapi masalah dari situasi tertentu untuk kemudian mengajukan beberapa pertanyaan dari situasi tersebut
  • Tulis semua masalah yang diajukan yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Dari uraian di atas, tampak bahwa keterlibatan siswa untuk turut belajar dengan cara menerapkan model pembelajaran problem posing merupakan salah satu indikator keefektifan belajar. Siswa tidak hanya menerima saja materi dariguru, melainkan siswa juga berusaha menggali dan mengembangkan sendiri. Hasil belajar tidak hanya menghasilkan peningkatan pengetahuan tetapi juga meningkatkan keterampilan berpikir. Kemampuan siswa untuk mengerjakan soal-soal sejenis uraian perlu dilatih, agar penerapan model pembelajaran problem posing dapat optimal. Kemampuan tersebut akan tampak dengan jelas bila siswa mampu mengajukan soal-soal secara mandiri maupun berkelompok. Kemampuan siswa untuk mengerjakan soal tersebut dapat dideteksi lewat kemampuannya untuk menjelaskan penyelesaian soal yang diajukannya di depan kelas. Dengan penerapan model pembelajaran problem posing dapat melatih siswa belajar kreatif, disiplin, dan meningkatkan keterampilan berpikir siswa.

Summary :

Bentuk lain dari problem solving adalah problem posing, yaitu pemecahan masalah melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simpel sehingga mudah dipahami. Sintaknya adalah : pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, menimalisasi tulisan-hitungan, cari alternative, dan menyusun soal-pertanyaan.

About these ads

34 Balasan ke MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

  1. boleh mint referensi/ judul2 buku untuk problem posing pak?
    mhon dikirimkan ke email saya
    rh.sofiana@yahoo.com
    terimakasih,,,,,,

  2. Anonymous mengatakan:

    pak bisa minta tolong kirimkan judul buku tentang problem possing

  3. fitri mengatakan:

    pak mohon bantuannya. ini jdul skripsi sya, tapi susah cr bkunya, tlong kirimkan ke gmail sya referensi bkunya.
    fyworldlife 91@gmail.com

  4. juwita mengatakan:

    mas mau tanya ni,,sebenarnya problem posing itu pendekatan atau model pembelajaran,,mohon balasannya

  5. anike dayuviki mengatakan:

    maaf pak saya sedang ada tugas akhir boleh minta referensi problem posing atau jurnalnya pak .. kirim ke email saya cipidh@ymail.com.. terima ksih .

  6. fifa mengatakan:

    kirim email saya saja pak
    fifa_limbong@yahoo.com
    minta tlong pak saya butuh sekali

  7. fifa mengatakan:

    saya besok mw seminar, kbetulan saya mmbawa problem posing…
    kira-kira pertanyaan apa yang mungkin ditanyakan audiens …
    tlong pak di kirim skaligus jawabnnya

  8. restu mengatakan:

    Pak,
    Materi yang seperti ap yang cocok untuk model problem posing?

  9. Anonymous mengatakan:

    saya ingin minta saran judul skripsi n jurnal yg tepat di gunakan pada proses pembelajaran fisika,mohon bantuannya……….

    makasih bxk sblmx…..

  10. shanty mengatakan:

    pak saya mau pnelitian tentang model pmbljaran problem posing. boleh mnta jurnalnya untuk rferensi pak?
    terima kasih…

  11. nuniek mengatakan:

    Pak, saya anak fkip fisika jg dr palembang, mau penelitian model pembelajaran problem posing. Boleh minta jurnalnya? Tolong banget pak, makasih :) s3vio@yahoo.com

  12. ria fransiska mengatakan:

    terimakasih pak,,,

  13. Muhaimin Java mengatakan:

    aslm.. saya jg mnta referensi bukunya donk.. susah bgt nyari buku yg membahas tntang problem prosing
    muhaimin.wsb@gmail.com

    • fisika21 mengatakan:

      Referensi tentang Problem Posing salah satunya dalah buku yang berjudul Problem Posing : Reflection and application, Karangan Brown, S.I & Walter, M.I, Penerbit : New Jersey : Laurence Erbaum Associates, tahun 1993

  14. azis mengatakan:

    aslmw2.. saya juga minta referensi/judul buku untuk Problem posing… saya baru dapat sedikit referensinya…..

  15. wira mengatakan:

    aslm pak,saya butuh informasi judul buku yg berhubungan ttg problem posing,mohon dikirim info nya ya pak,,makasi sblumnya

    • fisika21 mengatakan:

      Mas Wira, trmksh telah mengunjungi FENOMENA FISIKA. Coba mas Wira baca kembali tanggapan saya yg sebelumnya, disana sy telah memberikan referensi/narasumber (tentang Problem Posing) yang dapat anda hubungi. Selamat mencoba.

  16. Ayi She te Ru mengatakan:

    saya butuh buku tentang ploblem posing.bagaimana caranya?

    • fisika21 mengatakan:

      Coba anda berkunjung ke perpustakaan Pascasarjana UPI Bandung, disana anda dapat menemukan beberapa tesis/disertasi yang secara mendalam mengembangkan/mengkaji model pembelajaran Problem Posing. Trmksh.

  17. wira mengatakan:

    pak,saya mau tau lebih byk ttg problem posing beserta buka dan jurnal2 nya…makasi sblmny

  18. faroz mengatakan:

    pak,,Q coba kirim email ke alamat yang tertera kok gak bisa?
    tolong klo ada referensi ato jurnal ttg prob;em posing kirim ke email saya,,,trimz,,,

  19. ajeng pratiwi mengatakan:

    kalau ada jurnal yang mengenai problem posing mnta tlng krimkan ya pak…
    makasih sebelumnya

  20. trimayanti mengatakan:

    trimakasih banyak sebelumnyya

  21. trimayanti mengatakan:

    pak tlg bgt,, krimikan saya reprensi tentang problem posing……. saya sangat membutuhkannya.

  22. udunkz mengatakan:

    ass.
    saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi problem posing
    karna di jurusan saya sangat langka yang menggunakan metode ini (baru 3 orang termasuk saya), maka saya sangat membutuhkan referensi buku dan jurnal…
    tolong sekali untuk kirimkan judulnya ke email saya..
    terutama untuk tipe2 problem posing
    trims ya
    wass.

  23. Toyep mengatakan:

    Bagus. Termasuk baru dalam pembelajaran fisika khusunya. Ada ngga buku tentang Problem Posing ya..?

    • fisika21 mengatakan:

      Buat rekan-rekan yang membutuhkan referensi (buku dan jurnal) sekaligus ingin berdiskusi tentang MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING silahkan hubungi Bp. Abdul Hakim di email : hakim_unmul37@yahoo.co.id atau melalui line 081346526789. Beliau adalah dosen di Universitas Mulawarman yang sedang mengembangkan model pembelajaran problem posing. Layanan ini bersifat FREE dan sudah mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan. Terimakasih.

  24. sherly mengatakan:

    minta kelebihan dan kelemahan pembelajaran problem posing tipe pre solution posing

  25. rani mengatakan:

    mau juga donk judul- judul buku atau jurnal mengenai problem posing

  26. nurlina mengatakan:

    Bisa sebutkan judul-judul buku tentang Problem posing yang ada tipe-tipenya, karena saya sangat membutuhkan tipe itu untuk skripsi saya.
    Terima kasih sebelumnya.

    • fisika21 mengatakan:

      Mohon bersabar, insyaallah secepatnya sy kirimkan judul buku tentang Problem Posing sesuai maksud anda. Terimakasih telah berkunjung.

  27. lisana mengatakan:

    shiipppp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: